Siasati Izin, Pengusaha Hotel Gunakan Izin Kos-an

789

FORWAT, Kota Tangerang – Demi melancarkan usahanya, seorang oknum pengusaha hotel diduga mensiasati Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan mengunakan izin kos-an.  Hotel yang dimaksud adalah Hotel Sahabat yang beralamat di Jalan Husein Sastra Negara, Duta Garden, Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda.

Lurah Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Agung saat dihubungi melalui seluler miliknya, Jumat (18/11/2016) membenarkan kalau izin hotel yang berada di wilayahnya itu hanya mengunakan izin kos-an. Mengetahui itu terang Agung, pihaknya kemudian melayangkan surat teguran dan pemanggilan kepada pemilik hotel.

“Bulan Oktober tepatnya tanggal 10 saya sudah melayangkan surat panggilan kepada owner hotel tersebut. Tujuan saya memanggil untuk mengarahkan owner agar segera mengurus ulang IMB-nya. Tapi, sampai sekarang (November.red) surat pemanggilan yang saya berikan tidak ditanggapi,” kata Lurah.

Selain itu terang Lurah, sebagai bukti penyalahgunaan izin yang dilakukan oleh pemilik hotel tersebut, pihaknya mengaku telah mengantongi salinan berkas izin Hotel Sahabat yang diketahui mengunakan izin kos-an.

“Saya sudah mengetahui jelas riwayat hotel itu. Ya, hotel itu IMB-nya kos-kosan. Izin diterbitkan pada tahun 2014 dengan luas tanah 227 meter,” katanya.

Agung berharap kepada pemilik hotel untuk segera mengurus izin sesuai peruntukannya. “Ini jelas merugikan Kota Tangerang, karena retribusi hotel dan kos-an berbeda. Ya kalau retribusi kos-an pasti lebih rendah,” katanya.

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi, Pengelola Hotel Sahabat, Antonius tidak membantah bahwa hotel yang telah beroperasi selama dua tahun itu hanya mengunakan izin kos-an.

“Iya, kita akan tanyakan kembali ke badan perijinan perihal IMB yang dimiliki hotel sahabat,” singkatnya.(Angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.