Permudah Pelayanan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Luncurkan 6 Aplikasi Kesehatan

img-20161115-wa0008

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi

img-20161115-wa0009

FORWAT, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah meluncurkan 6 Aplikasi Pelayanan Kesehatan. Aplikasi tersebut yaitu SMS Gateway, Salam Sehat, Kami Datang Kami Layani (Home Care), SMS Bunda, Layanan PKM berbasis web dan Aplikasi Monitor Kamar Rumah Sakit.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/11/2016) mengatakakan bahwa ke-6 aplikasi tersebut sebelumnya telah dicanangkan oleh Dinkes Kota Tangerang sejak lama dan baru dilaunching oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah pada Peringatan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2016 lalu. Sekaligus acara Peresmian Museum Juang Taruna yang berlokasi di dalam komplek TMP Taruna, Kota Tangerang.

“SMS gateway aplikasi layanan pendaftaran berbasis SMS untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dan mengurangi antrian. Sedangkan SMS Bunda bertujuan untuk informasi dan edukasi seribu hari pertama kehidupan. Kemudian aplikasi Salam Sehat yaitu sistem informasi yang dapat mengolah keluhan dari masyarakat,” papar dr. Lisa.

Lebih lanjut dr. Liza menjelaskan bahwa aplikasi Kami datang Kami Layani (Home Care) adalah program kunjungan rumah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu Dinkes juga menyediakan pelayanan Puskesmas berbasis web. Jadi sambung dr. Liza pelayanan puskesmas saat ini sudah menuju ke arah layanan paperless.

“Selanjutnya aplikasi monitor ketersediaan kamar di rumah sakit. Program akan menjembatani aplikasi E-Puskesmas dengan jumlah kamar di rumah sakit berdasarkan data yang disediakan oleh BPJS dan peserta BPJS di Kota Tangerang saat ini sudah mencapai 1,35 juta,” terang dr. Liza yang juga pernah menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Untuk informasi bahwa layanan E-Puskesmas tersebut bisa diakses melalui nomer 08113347774. “Jadi ketik SMS dengan format Daftar Nik Poli dengan tujuan Puskesmas,” pungkasnya. (adv)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.