Dalam Sebulan Dinsos Kota Tangerang Keluarkan 500 SKTM

img-20161030-wa0013

Staf Dinsos Kota Tangerang sedang melayani warga saat membuat SKTM

FORWAT, Kota Tangerang-Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang terus didatangi masyarakat Kota Tangerang. Adapun maksud kedatangannya yakni untuk meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Kepala seksi (Kasi) Jaminan Sosial Dinsos (Kota Tangerang), Santoso saat dihubungi forwatnews, Minggu (30/10/2016) mengatakan masih banyak masyarakat Kota Tangerang yang ekonominya terbilang kurang mampu membutuhan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Hal itu terbukti dari data yang dimiliki Dinsos Kota Tangerang sedikitnya ada 500 pemohon SKTM setiap bulannya. SKTM itu sendiri dibutuhkan warga untuk keperluan adminstrasi untuk pengobatan di rumah sakit.

“Per-bulan kami mengeluarkansebanyak lima ratusan SKTM. Surat itu biasanya dibutuhkan warga jika salah satu keluarganya ingin berobat ke rumah sakit ataupun harus rawat inap,” ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun syarat yang perlu dilengkapi oleh warga yang hendak mengurus SKTM yaitu, surat keterangan yang menyatakan warga tidak mampu dari Kelurahan dan ditandatangani oleh Lurah atau Sekretaris Lurah setempat, foto copy surat rujukan puskesmas atau surat keterangan rawat inap rumah sakit, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), fotocopy KTP elektrik, dan fotocopy Kartu Keluarga.

“Jika syarat itu sudah lengkap dalam beberapa menit kita sudah bisa mengeluarkan SKTM itu,” jelasnya.

Santoso menambahkan, surat keterangan tidak mampu ini dapat digunakan di 22 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), diantaranya Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangetang dan RSU Kabupaten Tangerang.

“Jika surat dari kami ditolak oleh pihak rumah sakit bisa lapor ke Dinsos. kami akan cek apakah rumah sakit itu bekerjasama oleh Pemda atau tidak,” tutup Santoso. (Angga)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.