Berantas Pungli di Banten, Kapolda Akan Gelar Sidak

net

net

FORWAT, Banten – Ada sebanyak 235 kasus praktik pungutan liar (pungli) diungkap Polri. Data ini berdasarkan hasil penyelidikan jajaran Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) di seluruh Polda sejak 17 Juli hingga 17 Oktober 2016.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul dilansir dari liputan 6. com mengatakan, penindakan terhadap anggotanya yang terlibat kasus  pungli telah dilakukan sebelum kejadian operasi tangkap tangan (OTT) terkait pungli di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, pada pekan lalu.

Seperti halnya Operasi Pemberantasan Pungli di Banten. Kapolda Banten Kombes Listyo Sigit Prabowo bertekad menggelar inspeksi mendadak (sidak) kepada seluruh anggotanya. Sidak ini untuk mengetahui ada tidaknya bawahannya yang terlibat pungli.

“Nanti kami akan melakukan sidak, tapi tempatnya tidak kami kasih tau dahulu,” ujar Sigit di Serang, Selasa (18/10/2016).

Tak hanya bawahannya saja yang akan ditindak, segala sektor yang dianggap rawan akan ditindak oleh Satuan Tugas (Satgas) Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) yang ada di Polda Banten.

“Pungli harus diberantas, jangan sampai masyarakat dibebani hal-hal yang aneh, sifatnya merusak semuanya. Masyarakatnya juga kasihan, petugasnya juga kasihan,” katanya.

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini pun berjanji akan mencopot dan memidanakan bawahannya jika terbukti terlibat dalam pungli. “Kalau punya jabatan minimal pasti dicopot dari jabatan, setelah itu proses-proses di kita (kepolisian),” tegasnya.(lpt.6/la)

Leave a Reply

Your email address will not be published.