Proyek Jalan Benteng Betawi Diduga Asal-Asalan

cimg0794

FORWAT, Kota Tangerang – Proyek Pembangunan Jalan Benteng Betawi, Kecamatan Tangerang senilai Rp.5,2 miliar yang dikerjakan oleh PT. Adikarya Putra Cisadane dinilai asal-asalan. Pasalnya berdasarkan pantauan forwatnews pengunaan material pekerjaan jalan itu tidak sesuai spek. Yaitu diantaranya, lapisan jalan hanya di urug dengan mengunakan puing lalu ditimbun dengan agregat dan kemudian proses pengerasan setelah pengecoran lantai kerja/dasar (benol.red). Pengunaan bahan baku tersebut disinyalir tidak bertahan lama, bahkan menyebabkan jalan yang kerap dilintasi truk, bus dan angkutan kota itu akan mudah amblas.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang, Nana Trisyana menegaskan bahwa pengunaan material dengan cara menimbun puing yang dicampur agregat pada proses pengerasan jalan itu tidak dibenarkan “Ya, tidak dibenarkan menggunakan puing pada proses penimbunan. Nanti saya akan tegur kontraktornya,” tegas Nana saat dikonfirmasi di kantornya, beberapa waktu lalu.

Konsultan Pengawas, Agus Jajuli mengatakan, berdasarkan perhitungan diketahui bahwa kondisi tanah atau California Bearing Ratio (CBR) di Jalan Benteng Betawi itu terbilang bagus dan stabil, sehingga tidak mengurangi kualitas jalan. Namun hal itu tidak bisa dibiarkan dan akibat pengunaan puing itu menyebabkan alat berat (escavator) mengalami amblas karena rodanya terendam tanah dan air hujan. “CBR tanah tersebut bagus dan cukup keras karena kemarin sehabis hujan escavator sempat amblas. Makanya diberi hamparan puing agar alat berat tidak amblas lagi” kilahnya. (Shel/Lala).

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.