Petugas Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 11,5 kg Sabu dari Tiongkok

img-20160926-wa0011

Petugas Bea dan Cukai Bandara Soetta menunjukan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 11,5 kg, Senin (26/9/2016).

FORWAT, Kota Tangerang – Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Kota Tangerang, kembali menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu seberat 11,5 kilogram. Petugas menemukan barang bukti itu dari dalam alat penjernih air (water purifier.red) yang dikirim dari Kota Guangzhou, Tiongkok melalui paket perusahaan kargo.
“Kami sudah mencurigai sejak paket itu tiba, karenanya kami langsung berkoordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri,” ujar Kepala Bea dan Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang, di Kantor Bea dan Cukai Bandara Soetta, Senin (26/9/2016).

Paket yang berasal dari Kota Guangzhou, Tiongkok, itu rencananya akan dikirim pada tanggal 14 September lalu kesalah satu apartemen yang berada di wilayah Jakarta Barat.

Sementara untuk menangkap pelaku, petugas Bea Cukai dan aparat Kepolisian menggunakan metode penyelidikan control delivery (CD), yakni mengirimkan paket itu hingga ke alamat yang dituju.

“Kami menangkap pelaku berinisial (ZL) di daerah Slipi. Saat pelaku menerima paket tersebut. Sedangkan tersangka lainnya, (RC) kita amankan di apartemennya,” katanya.

Untuk mengelabui petugas, jelas Erwin, pelaku menyembunyikan barang haram itu di dalam rongga tabung penjernih air. Total ada 12 tabung yang diamankan petugas. Masing-masing tabung rata-rata disisipkan satu kilogram sabu.

“Dua tersangkanya juga merupakan warga Tiongkok yang berperan sebagai penerima paket. Mereka berdua merupakan bagian dari jaringan internasional pengedar narkotika,”jelasnya.

Sementara, Direktur Tindak Pidana Narkotika Mabes Polri, Brigjen Pol Darma Pongrekun, mengatakan berdasarkan hasil introgasi terhadap (ZL), diketahui bahwa penerima barang itu sebenarnya adalah (RC).

“Sebab, di Apartemen Mediterania Tower 2 milik ZL tidak ditemukan barang bukti narkoba. Sedangkan di Tower 1 milik RC didapati sabu seberat 5,8 kilogram,” tukasnya. (Angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.