Humas Pemkot Tangerang Gelar Forum Kehumasan 2016

pembukaan-forum-kehumasan-walikota4

FORWAT, Kota Tangerang – Hadirnya para narasumber Ismail Cawidu, Reza Achmad Maulana serta Ivy Batuta sebagai para pakar dalam ilmu komunikasi dan kehumasan, tentu sebuah kesempatan emas untuk mendapatkan infomasi serta ilmu untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam tugas sehari-hari sebagai petugas Humas atau pemberi informasi kepada masyarakat.

Para peserta yang merupakan para pengelola informasi dan dokumentasi di lingkup Pemerintah Kota Tangerang (Pemkot) pun begitu antusias mengikuti dan menanyakan berbagai pertanyaan.

Secara garis besar, ketiga narasumber yang hadir dalam kegiatan Forum Kehumasan yang digelar Bagian Humas Kota Tangerang,  di Ruang Akhlakul Karimah, Kamis (15/9/2016), menyampaikan, peran Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintahan adalah bagian yang sangat penting dalam pemerintahan dalam menyelenggarakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Oleh karena itu, kualitas dan kemampuan diri khususnya sebagai para petugas Humas harus terus ditingkatkan sehingga segala informasi yang disampaikan kemasyarakat dapat diterima dengan baik, cepat, tepat dan akurat. Dengan demikian, diharapkan akan terjadi komunikasi dua arah dan terbangunnya partisipasi masyarakat di setiap penyelenggaraan program pembangunan.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, dalam sambutannya menuturkan, seluruh perangkat kerja di lingkup Pemkot Tangerang untuk senantiasa aktif dalam mensosialisasikan setiap program-program pembangunan melalui berbagai perangkat digital ataupun kegiatan-kegiatan yang ada di masing-masing satuan kerja sehingga diharapkan masyarakat akan semakin aktif berpartisipasi dalam program pembangunan.

Menurutnya, melalui forum kehumasan ini diharapkan akan semakin efektif sebagai jembatan untuk menyatukan kehumasan yang ada di pemerintahan agar kehumasan pemerintahan tidak jalan masing-masing. Namun diperlukan sinergi di dalamnya sehingga tercapai transparasi penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif.

Apalagi di era keterbukaan informasi publik dan derasnya arus informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat, di mana masyarakat juga semakin kritis dalam menyikapi berbagai kebijakan pemerintah, keberadaan Humas sebagai ujung tombak dalam menyampaikan berbagai program dan kinerja pemerintah tentunya harus mampu menghadapi tantangan dan perubahan yang sangat cepat tersebut.

“Humas pemerintah harus dapat terus meningkatkan pelayanan dan pengelolaan  informasi serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah,” tegas Walikota.

Para petugas Humas juga harus senantiasa dapat memanfaatkan berbagai  perangkat pendukung guna mempermudah dalam pelayanan serta publikasi informasi seputar kegiatan dan program pembangunan di Kota Tangerang.

Seperti halnya website dinas, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) maupun media sosial yang ada, harus dapat dimanfaatkan untuk mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat ataupun untuk pelaporan di lingkup Pemkot Tangerang.

Dengan semakin aktifnya kita menginformasikan setiap perkembangan yang ada di masyarakat melalui perangkat-perangkat yang ada, lanjut Wali Kota, diharapkan setiap laporan dan atau aspirasi dari masyarakat dapat segera ditindak lanjuti dengan cepat, tepat dan akurat. Selain itu, akan semakin terbangun komunikasi publik dan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota Tangerang.

Sementara itu, Wakil Walikota, Sachrudin yang menutup acara ini, turut menambahkan, dengan berbagai kemajuan yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat saat ini, pemerintah daerah harus senantiasa mempersiapkan dan membekali diri para aparaturnya. Terutama kesiapan para pegawai atau sumberdaya manusia dari sisi integritas, budaya ataupun kesadaran untuk melayani, serta skill yang harus terus ditingkatkan.

Oleh karena itu, melalui kesempatan berharga di Forum Kehumasan ini, diharapkan dapat menjadi sebuah sarana yang dapat memberikan khazanah pengetahuan guna peningkatan kualitas para petugas Humas serta meningkatkan manajemen komunikasi yang baik sehingga diharapkan mampu membangun ruang publik yang dapat memberikan kanal bagi proses komunikasi dan interaksi seimbang antara pemerintah dengan publik. (Hms/lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.