Tiga Hari Jelang Idul Adha Arief dan Sachrudin Sidak Hewan Kurban

cek-hewan-kurban-walikota1

FORWAT, Kota Tangerang – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menggelar sidak hewan kurban di lapak-lapak pedagang di Jl. TMP Taruna Kota Tangerang.

Walikota menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kelayakan hewan kurban, sehingga masyarakat yang telah berencana membeli dan berkurban pada Hari Raya Idul Adha kali ini bisa menjalankan niat ibadahnya dengan khusyu.

“Karena syaratnya hewan kurban itukan juga harus sehat,” Ujar Wali Kota, Jumat (9/9/2016).

“Oleh karenanya kita mau memastikan bahwa hewan kurbannya itu memenuhi syarat sebagaimana yang diatur agama,” terangnya.

Hewan kurban harus benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih, di antaranya harus cukup umur, sudah ganti gigi, tidak cacat, dan dalam kondisi sehat.

“Dari segi kesehatan sebenarnya mereka (pedagang) sudah membawa surat kesehatan ternak dari daerah asal.┬áSapi, kambingnya itukan dari Jawa Tengah daerah Boyolali dan Solo.┬áKemarin dari Dinas Pertanian juga sudah melakukan pengecekan namun bukan di sini, nanti saya tugaskan Dinas Pertanian untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, guna memastikan kelayakan hewan kurban tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP), Mohammad Ibnu menyampaikan bahwa pihaknya sejak tanggal 1 September 2016 lalu telah menurunkan tim guna melakukan pemeriksaan kelayakan hewan kurban di beberapa lapak yang ada di Kota Tangerang.

“Kita juga telah lakukan labelisasi bagi lapak yang telah kita periksa, kalau lapaknya menjual hewan layak kurban nanti kita tempel stiker,” jelasnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, DKPP belum menemukan adanya hewan kurban yang bermasalah. “Sampai sekarang masih belum ada,” terangnya.

Ibnu juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa lebih jeli dalam memilih hewan kurban dan pihaknya menyarankan agar masyarakat juga tidak mudah tergiur dengan iming-iming harga murah yang ditawarkan pedagang. “Teliti dulu sebelum membeli, kalau bisa belilah ditempat yang sudah kita tempeli label hewan layak kurban,” bebernya. (hms/lala)

Leave a Reply

Your email address will not be published.