Lukman Hakim: Selama Ibadah Haji Total 96 Jamaah Wafat

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (net)

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (net)

FORWAT, Makkah – Dalam sambutan wukufnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sempat melaporkan kondisi terakhir jemaah Indonesia. Disebutka, ada 96 total jemaah Indonesia yang wafat.

“Ada 96 saudara-saudara kita yang telah mendahului kita berpulang ke Rahmatullah,” kata Lukman dalam pembuka sambutannya di Arafah, Minggu (11/9/2016). Data tersebut diupdate terakhir pukul 11.00 Waktu Saudi.

Selain 96 orang yang wafat, ada juga lebih dari 143 orang yang sakit dan perlu mendapat perawatan khusus. Mereka kini disafariwukufkan agar ibadah hajinya tetap bisa berjalan.

Para jemaah wafat itu ada sebagian yang menghembuskan nafas terakhir di Arafah, sisanya meninggal dunia di Makkah dan Madinah. Seluruhnya akan dibadalkan hajinya.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Anung Sugihantono sebelumnya menerangkan, selain jemaah wafat ada juga 32 jemaah yang akan dibadalkan karena kondisi kesehatannya yang sudah tak memungkinkan untuk ikut safari wukuf.

“Dari pelayanan jemaah yang berlangsung di KKHI, kita menemukan hampir 80 persen itu persoalan exhausted, karena panas dan kelelahan. Itu yang lebih menonjol,” kata Anung soal apa saja keluhan jemaah.

Karena itu, pihaknya terus mengimbau agar para jemaah tidak banyak beraktivitas di luar tenda selain untuk mengikuti wukuf. (dtk)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.