Soal Mangkraknya Proyek Drainase. Dinas Cikarang Salahkan Kontraktor

Kabid Drainase, Dinas Cikarang Kota Tangerang, Purnawan Heri

Kabid Drainase, Dinas Cikarang Kota Tangerang, Purnawan Heri

FORWAT, Kota Tangerang – Mangkraknya proyek pembangunan drainase (saluran air.red) di Jalan HR. Rasuna Said, Kelurahan Pakojan, Kecamatan Pinang dikarenakan ulah kontraktor nakal yang tidak bertanggungjawab. Demikian dikatakan Kabid Drainase Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikarang) Kota Tangerang, Purnawan Heri, Kamis (25/8/2016).

Menurut Purnawan lambatnya pekerjaan drainase tersebut murni karena kesalahan pihak kontraktor. Salahsatu penyebabnya karena minimnya modal yang dimiliki pihak kontraktor. Sehingga pekerjaan proyek itu menjadi terhambat. Dikatakan Purnawan pada anggaran murni tahun 2016 ada sebanyak 243 paket proyek drainase yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Tangerang.
“Untuk pekerjaan drainase di Pinang kontraknya sampai 14 September. Memang kontraktornya nakal. Kita sudah hubungi berkali-kali tapi tidak dijawab. Nampaknya orangnya yang tidak benar. Kita sudah berikan SP3. Selanjutnya kita akan blacklist,” ujarnya.

Purnawan juga menyalahkan pihak kontraktor yang tidak memasang papan proyek saat pelaksanakan pekerjaan. Pasalnya didalam aturan teknis, pihak kontraktor diharuskan memasang plang proyek sebagai informasi masyakarat untuk mengetahui siapa yang mengerjakan dan berapa nilai anggarannya.

“Kalau nilai proyeknya saya tidak tahu. Karena PPTKnya bukan saya. Plang harus dipasang termasuk papan peringatan lalu lintas. Ya itukan sudah aturan. Kembai ke kontraktornya. Tergantung niatnya mau baik atau nakal. Dari sisi adminstrasi kita sudah sesuai aturan. Itu kan yang menentukan Pokja LPSE, berbeda dengan penunjukan langsung,” ujarnya.

Diketahui bahwa pekerjaan proyek drainase yang berada di Kecamatan Pinang itu dilaksanakan oleh CV. Natakarya Mitra Utama, pimpinan Heri Sugiono. Sedangkan untuk nilai proyeknya sendiri diperkirakan sebesar Rp.700 juta. Selain di Kecamatan Pinang, CV. Natakarya Mitra Utama juga sedang mengerjakan proyek drainase di wilayah lainnya. (Lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.