Diduga Rangkap Jabatan, 24 Anggota Panwascam Langar Aturan

WhatsApp Image 2016-08-15 at 16.58.24

Divisi Pencegahan dan Kerjasama Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Tangerang, Zulpikar

FORWAT, Kota Tangerang – Forum Komunikasi Masyarakat Banten (FKMB) menduga sebanyak 24 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tangerang melanggar aturan karena diduga merangkap tugas (Jabatan.red). Sehingga dikhawatirkan akan menggangu pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 mendatang.

Ketua FKMB, H. Galih mengatakan, bahwa dalam UU No.15 tahun 2011 pasal 85 hurp K dijelaskan setiap anggota Panwaslu baik tingkat Kabupaten dan tingkat Kecamatan tidak boleh merangkap tugas itu dapat melanggar aturan yang ada. “Saat ini ada sekitar 24 anggota Panwascam dari 24 Kecamatan diduga masih merangkap tugas sebagai petugas pendamping Bangdes dan anggota Panwascam, semestinya anggota Panwascam tersebut melepaskan salah satu tugas tersebut dan harus memilih salah satunya,” paparnya.

Dikatakan Galih didalam UU tersebut juga melarang kepada pegawai, BUMD, Pengurus Parpol dan perangkat desa menjadi anggota Panwascam. Seperti Saepudin Zuhri dari Kecamatan Keresek dan Abdul Basit dari Kecamatan Sukamulya serta 22 anggota lagi dari 24 Kecamatan yang saat ini masih bertugas sebagai pendamping dari Bangdes yang termasuk dalam perangkat Desa.

“Semestinya, Panwaslu mengklarifikasi data sebelum seluruh anggota dilantik, pelantikan sendiri sudah dilakukan Jumat tanggal 5 Agustus lalu. Jika diteruskan bukan saja melanggar aturan tetapi dikhawatirkan dalam menjalankan tugas pengawasan di Pilgub nanti tidak maksimal karena dua kerjaan,”ungkapnya.

Terpisah, Zulpikar Divisi Pencegahan dan Kerjasama Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Tangerang membantah adanya 24 anggota Panwascam yang merangkap tugas, jika ada dan terbukti adanya anggota Panwascam yang melanggar aturan Panwaslu seperti merangkap tugas kata dia pihaknya akan melakukan sanksi berupa PAW. “Untuk itu Panwaslu siap menerima laporan dari masyarakat. Karena dalam penerimaan anggota panwascam sendiri setiap anggota telah membuat surat pernyataan yang isinya  ialah, tidak sedang menduduki jabatan Bangdes atau perangkat Desa,” ungkap Zulpikar, (forwat/lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.