Kendaraan Dinas, Dominasi Anggaran Perubahan Kota Tangerang

IMG-20160814-WA0014

FORWAT, Kota Tangerang – Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Kota Tangerang yang mencapai Rp1,171 Triliyun membuat Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) membuat lonjakkan pada anggaran perubahan tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Mika salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kota Tangerang yang juga sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD setempat kepada wartawan , Minggu (14/8/2016).

Menurut Mika, dirinya memprediksi anggaran perubahan yang akan diajukkan hanya sebesar Rp139 Miliyar. Ternyata, Dinas sampai Kecamatan naiknya gila-gila-an.

“Terutama Kecamatan, mereka naik sampai 200 persen. Semula hanya Anggaran hanya 700 juta naik hingga 2,3 miliyar. Parah ya,” ujarnya.

Mika memaparkan, KUA/PPAS belum final dan dirinya juga berharap, agar terjadi pemangkasan, karena dirinya memandang anggaran perubahan yang diusulkan banyak yang tidak lazim.

“Iya, KUA/PPAS masih belum final, karena hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD-red) sampai dengan Kecamatan mengajukkan kendaraan dinas. Penambahan dianggaran biaya tambahan (ABT) ini juga lebih cenderung untuk kebutuhan kantor dibanding program untuk masyarakat,” paparnya.

Tidak hanya mobil operasional untuk seluruh OPD, kata Mika, pembelian mebeleur yang hampir ada disetiap OPD juga membuat bengkaknya anggaran perubahan tersebut.

“Seharusnya, pemerintah memikirkan bagaimana menggunakan dana APBD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibandingkan kebutuhan kantor saja yang lebih besar,” jelasnya.

Mika menjelaskan, sampai hari Jum’at, (12/8/2016) masih ada beberapa OPD yang kita minta rancangan KUA-nya.

“Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sert Dinas Cipta karya kita masih minta untuk direvisi. Selain itu, Kesbangpol juga kita minta revisi lagi agar apa yang diajukkan jauh lebih rasional,” pungkasnya. (PenTang/ forwat)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.