Delay 5 Pesawat, Menhub Panggil Lion Air

Budi-Karya-Sumadi

FORWATNEWS, TANGERANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait kejadian keterlambatan (delay) berjam-jam lima pesawat Lion Air di Bandara Soerkarno Hatta pada Minggu (31/7/2016) kemarin. Menhub pun akan memanggil pihak manajemen Lion Air untuk meminta klarifikasi.

“Terkait kejadian delay Lion Air tentunya kami sebagai regulator mohon maaf atas kejadian itu, ya memang ada beberapa sebab terjadinya keterlambatan itu dan mungkin kami akan diskusi besok dengan Lion Air dan kami juga mengundang beberapa pihak yang berhubungan dengan kejadian itu,” kata menteri yang baru dilantik belum lama ini.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura ll (Persero) ini mengatakan, berdasarkan laporan awal yang masuk, salah satu penyebab delay adalah adanya perbaikan runway di bandara Juanda, Surabaya.

Oleh karena itu, Menhub juga akan meminta klarifikasi dari pihak Angkasa Pura 1 sebagai pengelola bandara. “Kami mau diskusikan dengan AP 1 bagaimana kita mau memanage ruang udara atau landasan itu bisa dipakai lebih banyak,” ujarnya.

Menurutnya, ia belum mau berspekulasi apakah Lion Air akan dijatuhi sanksi atas delay yang sudah berkali-kali terjadi. Ia mengaku akan mempelajari dan mengkaji dulu sebelum mengambil keputusan lebih lanjut.

“Saya mau melihat dulu permasalahannya di mana. Permasalahan itu ada di Lion, di operator, di otoritas atau di Dephub? Nanti baru kami bicara tentang segala sesuatu termasuk tindakannya apa,” ucap Budi.(kc/raf)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.