Hasil Survei, RK-WH Masih Dijagokan

pilgub2017

FORWATNEWS, SERANG – Berdasarkan hasil survei Lembaga Indipenden Survey Masyarakat (Lisma) pada Juni 2016, elektebilitas Gubernur Banten Incumbent Rano Karno (RK) dan Mantan Walikota Tangerang Wahidin Halim (WH) masih tertinggi. Elektablitas RK dan WH beda tipis. Elektablitas RK 30 persen, dan WH 24,32 persen. RK dan WH merupakan dua dari 14 nama tokoh masyarakat dan kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang disurvei.

Survei dan pengambilan data yang dilakukan dari calon pemilih di Provinsi Banten yang dilakukan pada 27 Juni 2016-3 Juli 2016 dengan sistem Multistage Random Sampling. Adapun jumlah responden yang disurvei sebanyak 440 responden yang tersebar di wilayah Provinsi Banten dengan wawancara menggunakan kuisioner, dan bertatap muka langsung dengan responden. Semua pemilih mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sebagai responden dengan Margin Of Eror kira-kira 4,7 persen.

Dalam survei itu, muncul 14 nama, yaitu Rano Karno (incumbent), Wahidin Halim (mantan Walikota Tangerang), Eden Gunawan (Kepala BIN di Maluku Utara.), Andika Hazrumy (anggota Komisi III DPR RI, A.Taufik Nuriman (mantan Bupati Serang), Dimyati Natakusumah (mantan Bupati Pandeglang), Mulyadi Jayabaya (Mantan Bupati Lebak), Tb Haerul Jaman (Walikota Serang), Tb. Iman Ariyadi (Walikota Cilegon), Tantowi Yahya (anggota DPR RI), Budi Haryadi (Ketua DPD Gerindra Banten), Anton Apriantono (mantan Menteri Pertanian), Wawan Iriawan (Ketua DPW Nasdem Banten), dan Ampi Tanujiwa (Mantan Korem 064 MY).

“Dari 14 nama itu, reability keterpilihan muncul ada dua nama yakni Rano Karno, dan  Wahidin Halim,” katanya, Selasa (26/7).

Didin menjelaskan, aspek reability keterpilihan kedua calon tersebut adalah Rano Karno sebagai incumbent dianggap telah berbuat. “Sedangkan Wahidin Halim dianggap memiliki performance pemimpin yang diharapkan mampu mengatasi masalah pembangunan di Provinsi Banten,” terangnya.

Menurut Didin, Lisma juga mensurvei terkait pengenalan nama-nama bakal calon di tengah masyarakat. Dari 14 nama yang disodorkan, Rano Karno juga masih memimpin yakni mencapai 97,27 persen, Wahidin Halim 72,50 persen, Andika Hazrumy 54,09 persen, Taufik Nuriman 50,23 persen, Eden Gunawan 48,18 persen, Tantowi Yahya 40,68 persen, Mulyadi Jayabaya 35 persen, Dimyati Natakusumah 34,32 persen, Tb Haerul Jaman 27,95 persen, Tb Iman Ariyadi 18,64 persen, Anton Apriantono 15,68 persen, Wawan Iriawan 10,45 persen, dan Ampi Tanujiwa 8,86 persen.

“Kita juga mensurvei karakteristik pemilih di Banten, pragmatis 48 persen, idealis 28 persen, apatis 12 persen, emosional 7 persen dan ikut panutan 5 persen,” katanya. (raf)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.