Akui Pernah Ada Pungli, Titin Pastikan Retribusi Pasar Anyar Rp.6 Ribu

Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati saat memberi keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016).

Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati saat memberi keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016).

FORWAT, Kota Tangerang – Dugaan adanya. Pungutan Liar (Pungli) oleh oknum petugas PD Pasar Kota Tangerang di Pasar Anyar tidak dipungkiri Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati. Saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016) Titin membenarkan adanya pungutan tidak resmi tersebut. Hal itu terjadi pada awal dia menduduki jabatan Direktur PD Pasar Jaya Kota Tangerang. Pungutan resmi sebesar Rp.6 ribu menjadi Rp. 8 ribu. Naik Rp.2 Ribu. Namun setelah mengetahui hal itu terang Titin, dirinya kemudian memerintahkan petugas (manteri pasar. Red) untuk menertibkan pungutan di Pasar Anyar tersebut.

Sementara untuk saat ini Titin memastikan tidak ada lagi pungli sebesar RP.8 ribu, yang ada hanyalah pungutan resmi sebesar Rp. 6 ribu.
“Saya pastikan tidak ada lagi. Pungutan itu hanya sebesar Rp. 6 ribu. Bukan Rp.8 ribu, Ya, awal saya baru masuk saya langsung perintahkan untuk ditertibkan,” katanya.

Sambung Titin penataan Pasar Anyar yang sedang dilakukan pihaknya adalah momentum yang tepat untuk melakukan bersih-bersih di tubuh PD Pasar. Untuk itu terang Titin, jika ada oknum PD Pasar yang terlibat dan masih memungut diluar ketentuan resmi, maka Titin berjanji akan memberikan sanksi kepada oknum tersebut, dalam hal ini manteri pasar.
” Ya kalau memang ada itu oknum. Saya akan tindak tegas. Saya berikan sanksi kepada pihak bertanggung jawab yaitu manteri pasar. Sanksinya mutasi” tegasnya.

Masih kata Titin, pungutan atau retribusi sebesar Rp.6 ribu itu adalah sebagai jasa penggelolaan pasar yang diantaranya untuk ketertiban, keamanan dan kebersihan. Hal tersebut kata Titin sesuai SK Direksi dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2005 tentang Penggelolaan Pasar, baik Pedagang Formal maupun Non Formal.

Di Kota Tangerang sendiri ada tujuh pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya Kota Tangerang yaitu diantaranya, Pasar Ramadani, Pasar Grendeng, Pasar Jatiuwung, Pasar Poris, Pasar Malabar, Pasar Bandeng dan Pasar Anyar. Sementara hasil (laba bersih) dari penggelolan pasar pada Tahun 2015 lalu yaitu sebesar Rp.1,19 miliar. Laba itu kemudian di bagi (sharing profit) ke Pemkot Tangerang sebesar Rp. 559 juta.
“Kita tidak ada target retribusi. Kita hanya sharing profit ke Pemda. Dari laba bersih kita bagi 50 persen: 50 persen. Tahun 2015 yang kami setorkan ke Pemkot, 559 juta,” jelas Titin mengakhiri wawancaranya. (Lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.