Jika Terbukti Ada Pungli, Direktur PD Pasar Diminta Mundur

PENERTIBAN PASAR ANYAR - WAKIL4

FORWAT, Kota Tangerang – Dugaan adanya pungutan liar (pungli) retribusi yang dilakukan oleh PD Pasar Kota Tangerang kepada para pedagang di Pasar Anyar, Kecamatan Tangerang menuai kritikan dari sejumlah kalangan. Salahsatunya dari Direktur LSM Janur Indonesia, Ade Yunus.

Menurut Ade, jika terbukti adanya pungli di Pasar Anyar, maka orang yang pertama bertanggung jawab akan hal itu adalah Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati. Dikatakan Ade, bahwa persoalan itu adalah salah satu contoh kesemrawutan pengelolaan pasar yang ada di Kota Tangerang.
“Tiap tahun cuma untung Rp. 300 juta. Masih kalah dengan warung padang. Database pedagang saja tidak jelas, kerjanya cuma melaksanakan kebiasaan yang sudah-sudah,” kata Ade.

Sambung Ade, bahwa memungut retribusi tidaklah visioner membangun pasar bersih, nyaman dan layak. Oleh karena itu saran Ade, jika tidak bisa bekerja secara Professional, maka sebaiknya Direktur PD Pasar Kota Tangerang segera mundur.
“Kalau hanya sekedar menjadi beban APBD bubarkan saja PD Pasar. Kembalikan ke Dinas.Tak bisa kelola pasar, banyak pungli dan hanya menjadi beban APBD,” ujar pria pengiat sosial itu.

Sementara hingga berita ini diturunkan, Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati belum bisa dimintai keterangan. Meski sempat ditelepon berulang-ulang dan dikirimkan melalui pesan singkat Titin tak juga menjawab.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pedagang di Pasar Anyar yang ditertibkan oleh Pemkot Tangerang mengaku enggan pindah dari lokasi tersebut. Pasalnya para pedagang mengaku telah membayar retribusi kepada petugas salar PD Pasar Kota Tangerang. Yaitu sejak awal tahu 2016 lalu, para pedagang harus membayar retribusi sebesar Rp.8 ribu perhari, padahal biasanya para pedagang hanya membayar Rp. 6 ribu perhari. Naik menjadi Rp.2 ribu perhari. Kenaikan pungutan di Pasar Anyar itu juga tidak pernah diinformasikan sebelumnya. Terlebih untuk apa tambahan iuran tersebut. (Lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.