Antrean Kendaraan di Gilimanuk Mencapai 3 Km

Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali mulai meningkat tajam. (Detikcom/Putri Akmal)

Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali mulai meningkat tajam. (Detikcom/Putri Akmal)

FORWAT, Jakarta – Antrean kendaraan yang hendak menyeberang di Pelabuhan Gilimanuk, Bali mencapai 3 kilometer. Para pemudik datang bersamaan sehinngga mengakibatkan kemacetan. Peningkatan jumlah pemudik yang akan menyeberangan menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ini diperkirakan akan terus terjadi.

Seperti diberitakan Antara, ujung antrean mobil pribadi sejak dari pintu pelabuhan sampai di pertigaan Cekik, Kelurahan Gilimanuk. Sementara antrean motor sampai di depan pasar setempat yang berjarak sekitar satu kilometer dari pelabuhan.

Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Unit Pelabuhan Gilimanuk Sugeng Purwono mengatakan, antrean hingga siang hari ini terjadi karena pemudik datang bersamaan.¬†“Pada H-10 hingga H-7 saat ini dibandingkan tahun lalu, ada penurunan jumlah kendaraan yang datang, sehingga pada H-6 hari ini pemudik beserta kendaraannya bersamaan datang,” katanya.

Meskipun terjadi antrean sekitar tiga kilometer, arus pemudik masih bisa dikendalikan, termasuk pengaturan keberangkatan kapal. Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini. Namun lonjakan volumen kendaraan sendiri sudah terjadi di beberapa wilayah.

Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, jumlah pemudik sebanyak 17,6 juta orang. Sebanyak 1,3 juta diantaranya mudik menggunakan kapal laut dan penyeberangan. (cnn/sur)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.