Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono Jabat Dankormar

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi (tengah) memimpin Sertijab Dankormar dari Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (kiri) kepada Brigjen TNI (Mar) RM Trusono (kanan) berlangsung di Lapangan Apel Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, (15/6/2016).

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi(tengah) memimpin Sertijab Dankormar dari Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (kiri) kepada Brigjen TNI (Mar) RM Trusono (kanan) berlangsung di Lapangan Apel Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, (15/6/2016).

FORWAT, Jakarta – Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono S.Mn resmi menjabat sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar).
Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dankormar dari Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana kepada Brigjen TNI (Mar) RM Trusono di gelar di Lapangan Apel Bhumi, Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2016). Upacara sertijab itu dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksmana TNI Ade Supandi SE. MAP.

Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono S.Mn merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut angkatan XXX tahun 1985, mantan Dandenjaka (1988-1991). Sebelum menjadi orang nomor satu di Korps Baret Ungu, Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono S. Mn pernah menjabat sebagai Komandan Lamtamal- III Jakarta (2015-2016). Sedangkan jabatan strategis lainnya yang pernah dijabat antara lain Wagub AAL (2014) dan Komandan Pasmar-2 (2014-2015).

Mempunyai pengalaman penugasan yang cukup baik dalam maupun luar negeri yaitu diantaranya, Satgas Sapu Jagat Timor Timur (1986-1987), Satgas Pam VVIP Timor Timur 1991, Kontingen Garuda XII-B Kamboja (1992-1993), Satgas Rencong Sakti VIII Aceh (1996-1997) dan Satgas Pam VVIP Ambon 1999.
Tanda jasa yang dimilikinya adalah Bintang Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Wira Dharma, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXVI, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Santi Dharma dan The UN Medal. Sementara Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana akan bertugas sebagai Staf Khusus KSAL di Mabesal TNI.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi SE. MAP. menjelaskan bahwa sertijab ini merupakan suatu kaderisasi kepemimpinan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. “Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana SE. akan mengakhiri masa aktif dinasnya atau pensiun dan diserahkan kepada Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono yang memiliki banyak tanda jasa dan pengalaman yang cukup tepat untuk melanjutkan kepemimpinan di Korps Marinir. Terima kasih banyak kepada Dankormar selama kepemimpinannya,” jelas Ade usai Sertijab.

Kedepan kata Ade, banyak kegiatan yang akan dijalankan pasukannya, baik kegiatan operasi yang sudah disebar di pulau-pulau terpencil di Indonesia. Serta penugasan-penugasan yang mendukung pembangunan nasional seperti menanam terumbu karang . Karena manfaat dari penanaman terumbu karang sambung Ade, selain sebagai media hidup ikan juga merupakan sarana latihan prajurit Marinir. Terlebih untuk mengetahui medan menyelam.
“Penanaman terumbu karang sudah dilakukan, yang selalu dicek setiap 6 bulan sekali. Laporan terakhir yang kami terima Alhamdulillah baik”, ujarnya.

Upacara sertijab itu melibatkan 1.543 personel marinir dan diisi dengan demontrasi teatrikal, gelar pasukan dan kendaraan tempur. Dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah dan buka puasa bersama di Masjid Al Ikhlas serta ramah tamah di Balai Prajurit Marinir. Setelah Sholat tarawih acara ditutup dengan Tradisi Pelepasan dan Penyambutan Dankormar. (Widya/Adit/Lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.