Kemenpan RB Minta Pemkab Tangerang Perbaiki System Absensi

IMG-20160614-WA0004
FORWAT, Kabupaten Tangerang – Dalam rangka pengawasan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan peningkatan kualitas pelayanan publik, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi mengunjungi Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tangerang, Senin (13/6/2016).

Kunjungan rombongan menteri itu didampingi Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Irman Sugema, Kapolresta Tangerang, AKBP Asep Suheri dan Kepala BKD Kabupaten Tangerang, H. Yani Sutisna SH, Msi beserta staf.

Menurut Yuddy kegiatan kunjungan kali ini bertujuan untuk melihat sejauh mana produktifitas PNS dalam absensi, karena kelemahan di pemerintahan terutama di Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Tangerang adalah pengawasan dalam produktifitas kerja dari sisi absen yang masih manual dan sering disalahgunakan. Walaupun sekarang sudah banyak menggunakan elektronik finger print tapi system datanya yang masih belum terintegrasi.

“Bagaimana mungkin pelayanan publik akan baik kualitasnya apabila produktifitasnya masih belum baik”, ujar Yuddy.┬áMaka untuk mengefektifkan kinerja PNS tersebut, terang Yuddy, perlunya perbaikan system yaitu baik absensi manual dan elektronik finger print dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang nantinya akan terhubung langsung ke BKD.” Dengan system absen “Real Time” seperti yang dimiliki Menpan RB.” katanya.

Kepala BKD Kabupaten Tangerang, H. Yani Sutisna SH. Msi mengatakan akan segera membenahi system absensi yang ada dan akan belajar tentang system tersebut dengan Menpan RB dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) .

“Sebenarnya alat absensi kita sudah sempurna, hanya systemnya saja yang masih offline. Sedangkan yang diinginkan oleh Menpan RB adalah system online atau Real Time. System absensi Pemda Kabupaten Tangerang yang sekarang hanya terhubung di masing-masing SKPD, nantinya akan terhubung langsung ke BKD dan hasilnya pun langsung diketahui oleh BKD”, paparnya.Terkait buruknya absensi PNS yang ada di Pemda Kabupaten Tangerang, H. Yani Sutisna SH. Msi menjelaskan bahwa pada tahun 2016 ini ada 2 orang PNS yang dipecat dan pada tahun 2015 ada 6 orang PNS yang dipecat. (Eka Widya/Adit)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.