Penyakit ISPA Terbanyak di Pinang

 Tajudin, Petugas Bagian Tata Usaha Puskesmas Kunciran, Kecamatan Pinang.

Tajudin, Petugas Bagian Tata Usaha Puskesmas Kunciran, Kecamatan Pinang

FORWAT, Kota Tangerang – Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) banyak diderita warga Kecamatan Pinang. Dari data pasien yang masuk di Puskesmas Kunciran, hingga bulan Mei 2016 tercatat ada sebanyak 261 pasien.

“Penyakit ISPA di puskesmas ini masuk didaftar sepuluh besar penyakit pada bulan Mei. Adapun jumlahnya yakni 261 warga,” ujar Tajudin, Bagian Tata Usaha Puskesmas Kunciran, Kecamatan Pinang, Rabu (8/6/2016).

Dijelaskan Tajudin, bahwa penyakit ISPA disebabkan oleh banyak hal, yaitu diantaranya karena perubahan cuaca dan kebersihan lingkungan. “Lingkungan yang kotor pasti terdapat banyak debu, nah debu itulah yang sangat cepat membuat masyarakat menderita ISPA,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjangkit penyakit pernafasan tersebut terang Tajudin, dapat dilakukan dengan cara mengatur pola hidup sehat, pola makan yang benar, dan memperbanyak minum air mineral. Dalam hal ini, pihak Puskesmas Kunciran terus menghimbau masyarakat Kecamatan Pinang agar dapat menghindari penyakit tersebut.

“Kita selalu menghimbau masyarakat melalui pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan di aula puskesmas agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Masih banyak masyarakat yang menyepelekan penyakit ISPA. Saya berpesan agar masyarakat jangan menyepelekan Ispa,” pesannya.

Sementara, Aldi, Warga Kunciran saat ditemui di Puskesmas Kunciran mengatakan bahwa dirinya berada di Puskesmas untuk berobat. Ia mengalami flu dan batuk sejak 4 hari lalu. Kata dia, obat-obatan yang diperjualkan disetiap warung tak kunjung menyembuhkan penyakitnya.

“Saya sudah beberapa kali beli obat di warung, namun flu dan batuk saya tak kunjung sembuh. Saya jadi khawatir, makanya saya lebih memilih puskesmas untuk saya berobat,” tutupnya (Angga/Lala).

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.