Pawai Obor, Warga Pajang Keliling Kampung

Ratusan warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda turun ke jalan keliling kampung mengikuti kegiatan Pawai Obor, Jum'at (03/06/2016) malam.

Ratusan warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda turun ke jalan keliling kampung mengikuti kegiatan Pawai Obor, Jum’at (03/06/2016) malam.

FORWAT, Kota Tangerang – Ratusan masyarakat Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda turun ke jalan keliling kampung mengikuti kegiatan Pawai Obor, Jum’at (03/06/2016) malam.

Tradisi menyambut Bulan Suci Ramadhan, itu sengaja digelar Ikatan Remaja Musholla An-Nur (IRMAN) beserta masyarakat RW 01 Kelurahan Pajang.

Ketua Panitia Acara, Ahmad Khotib mengatakan tradisi Pawai Obor telah menjadi agenda tahunan yang digelar pemuda Kampung Pajang. Kegiatan tersebut terang Khotib sangat disambut baik dan ditunggu masyarakat, bukan hanya sekedar ceremonial semata tapi juga sebagai pelestarian tradisi budaya masyarakat sekitar. Dahulu masyarakat kerap mengunakan obor sebagai alat penerangan. Namun saat ini alat penerangan itu sudah sangat jarang digunakan masyarakat, terlebih Kota Tangerang kini menjadi Kota Metropolitan. ” Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan pawai obor. Ya ini bukan hanya sekedar ceremonial semata tapi juga sebagai pelestarian tradisi budaya masyarakat,” ujar Khotib disela-sela kegiatan.

Tak hanya itu, panitia yang tergabung dalam IRMAN juga mengadakan Pesantren Kilat yang akan dilaksanakan selama 1 bulan penuh. Kegiatan tersebut akan diikuti peserta santri mulai jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Masih kata Khotib, target yang hendak dicapai dari kegiatan tersebut agar selama ramadhan mereka (peserta.red) dapat memiliki akhlak yang baik sejak dini, dan sesuai dengan motto Kota Tangerang Akhlaqul Karimah.

“Mengajarkan kepada adik-adik makna dari bulan Ramadhan. Tahun ini tema yang kami angkat tanamkan akhlaq anak sejak dini. Satu program yang menjadi unggulan kami selama bulan ramadhan ini yaitu para santri bisa menjadi hafidz,” jelasnya. (isk/Lala)

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.